Beberapa Minggu lalu Mingce ikutan webinar yang diadakan oleh Google Adsense. Pada webinar tersebut, sang nara sumber membagikan kiat bagaimana Blog kita itu bisa mendatangkan banyak trafik sekaligus pendapatan adsense. Menurut Mingce bahasannya sangat cocok dijadikan tips Blogging untuk pemula.

Tips Blogging Untuk Pemula

Tak bisa dipungkiri, apapun gaya ngeblog kita pasti ada keinginan untuk dibaca orang lain. Apalagi jika kita ingin berbagi informasi maupun pengalaman yang pernah kita rasakan.

Buat teman-teman yang baru banget memulai Blog, dan ingin mendapatkan pengunjung untuk singgah ke Blog kamu, ada beberapa tips yang bisa digunakan loh.

Beberapa tips tersebut di antaranya :

Mobile and Reader Friendly

First things first, dari segala aspek yang harus kita pelajari tentang dunia Blogging, yang pertama adalah menyajikan sebuah Blog yang Mobile dan Reader Friendly.

Apa sih maksudnya ?

Mobile Friendly adalah kondisi di mana Blog kita bisa dengan mudah diakses melalui smartphone. Di jaman sekarang ini, hampir 70% lebih pengunjung blog berasal dari pengguna smartphone. Bahkan Mingce kalo pas bikin tulisan di sini juga seringnya menggunakan smartphone.

Kebayang kan berapa banyak pembaca yang menjelajah Blog kita menggunakan alat ini. Kalo kamu tidak menyajikan tulisan dalam bentuk mobile friendly, maka kesempatan pembaca yang datang mengunjungi Blog kamu semakin sedikit.

Cara menyajikan Blog yang mobile friendly sebenarnya gak terlalu rumit kok. Kalian cukup memasang template yang memiliki fitur ini. Soal template kalian bisa membelinya atau mengunduh secara gratis juga.

Reader Friendly atau mungkin lebih tepatnya user experience, adalah ketika pembaca mudah mengakses segala sesuatu yang kita sajikan dalam Blog. User friendly/experience ini meliputi beberapa faktor berikut ini :

  • Menu Navigasi yang jelas. Ini membantu para pembaca menemukan apa yang mereka cari di Blog kita. Sehingga mereka tak tersesat dan tidak menyebabkan Bounce rate yang terlalu tinggi.
  • Template yang simple, clean dan layout yang menarik. Pilihlah template yang menarik sekaligus nyaman untuk pembaca. Usahakan untuk memilih warna background yang tak membuat mata lelah. Misalnya warna putih atau terang. Background warna-warni memang bagus, tapi terkadang tak membuat mata terasa nyaman saat membaca.
  • Loading Blog yang cepat sehingga pembaca betah dan gak keburu pergi. Males kan kalo nunggu buka satu halaman saja lama banget ? yang ada nyari artikel di Blog lainnya.
  • Tulisan yang unik dan menarik sehingga pembaca betah berlama-lama.

Itu tadi beberapa aspek yang harus kita perhatikan dari segi mobile dan reader friendly.

Proses Indexing

Kalo bahasan kali ini berhubungan dengan bagaimana mendapatkan pembaca untuk blog kita. Bagi pemula, kebanyakan traffik pembaca datangnya dari referal (link langsung melalui social media) dibandingkan trafik organik (trafik yang di dapat dari mesin pencarian).

Untuk mendapatkan trafik organik, kita perlu memahami tentang proses indexing, yaitu suatu proses yang bertujuan untuk memunculkan artikel kita di mesin pencarian.

Munculnya tulisan kita di mesin pencarian Google ini butuh strategi loh, jadi gak tiba-tiba artikel kita langsung muncul di sana. Kalo kalian sudah sering menulis tapi ternyata tulisan tersebut gak muncul di mesin pencarian Google, mungkin harus diperhatikan perihal indexingnya.

Cara Indexing :

  • Daftar ke search console Google
  • Tambahkan domain property sesuai nama url Blog kamu.
  • Daftarkan sitemap.xml kamu.
  • Verifikasi kepemilikan search consolenya.
  • Tunggu beberapa saat hingga data Blog kamu bisa terindex oleh Google.

Dan, kalian sudah bisa menulis konten dengan tenang. Karena Google akan mengerjakan tugasnya dengan mengirimkan robot-robotnya ke Blog kita.

SEO On Page & Off Page

Mungkin ini bahasan yang paling membosankan soal tips Blogging ya ? Tapi ya mau bagaimana lagi, karena SEO juga memiliki peranan penting memajukan Blog kita supaya dikenal oleh pembaca.

Meski begitu, SEO ini bisa dipelajari dengan pelan-pelan sambil tetep menulis cerita kok teman-teman. Kalian bisa mempelajarinya secara bertahap.

Mingce tahu, kalian akan cepat lelah dan bosan kalo sekaligus dipelajari dalam waktu yang bersamaan. Tapi yang pasti, dunia blogging tak pernah lepas dari perihal SEO. Jika kamu siap menjadi Blogger artinya kamu juga harus siap mempelajarinya juga. Hihihi..

Konten Yang Menarik

Content Is The King adalah mantra yang sering diucapkan oleh nara blog. Dan memang benar adanya. Hihihi..

Cara penulisan artikel yang menarik, konten Blog yang informatif sekaligus lengkap menjadi senjata paling ampuh untuk mengembangkan Blog kita.

Konsisten

Mungkin dari sebagian tips, yang tersulit adalah konsisten. Karena kita sebagai manusia kadang memiliki mood yang datang dan pergi. Hihihi..

Jika mood sedang membaik, kita bisa membuat beberapa artikel sekaligus dalam satu minggu, tapi jika mood sedang tidak baik, bahkan satu bulan pun tak kunjung menghasilkan satu artikelpun. Hihihi.. Dan itu memang lumrah. Mingce sebagai makhluk tak nyatapun mengalaminya. Hihi..

Sayangnya, jika kita ingin nyemplung di dunia Blogging, konsisten menjadi kunci utama untuk menjaga nyawa Blog kita. Mungkin di awali dengan membuat tulisan 1 minggu sekali.

Dan karena alasan itu pulalah, Komunitas 1 Minggu 1 Cerita ini ada Gaes. Kami (Mingce, Admin Dan Para Member) bersama-sama saling memberikan dukungan satu sama lain untuk konsisten menulis.

Jika kalian membutuhkan motivasi untuk konsisten menulis Blog, bergabunglah dengan kami di Komunitas menulis 1 minggu 1 cerita ini.

Caranya gampang banget kok Gaes. Kalian bisa langsung register secara gratis tanpa dimintai biaya apapun.

Masih ragu mau ikutan ? Gak masalah, kalian bisa baca dulu aturan mainnya di komunitas ini. Kalo kalian tertarik bisa langsung daftar sekarang juga. Pendaftaran dibuka sepanjang tahun, jadi gak usah kuatir takut salah waktu. Hihihi..

Motto Mingce cuma satu kok !

Menulislah Walau 1 Minggu 1 Cerita

Mingce

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *