SOCIAL MEDIA

Sebagai wadah para blogger, komunitas menulis #1minggu1cerita tidak akan bisa dilepaskan dari social media sebagai media berbagi tulisan. Grup ini awalnya membagikan tulisan para member melalui WhatsApp Grup dan Twitter. Tahun 2014-2016, anggota grup belum terlalu banyak, hingga puncaknya Desember 2016 mencapai 90+ member yang dimasukkan dalam satu grup tersebut.

Memasuki pertengahan tahun 2016, jumlah admin #1minggu1cerita bertambah, sehingga ada tenaga baru untuk mengelola #1minggu1cerita. Setelah chatting sana sini, para admin memutuskan untuk membuat akun Facebook beserta Fan Pages-nya. Kekuatan Facebook bisa menjadi amunisi baru mengenalkan grup yang bercita-cita mengajak orang mau menulis dan bercerita apa saja yang dia suka dan dipikirkan melalui blog. Setiap pekan para admin berusaha sharing berbagai tulisan dari member. Tidak semua tulisan yang disetorkan oleh member dibagikan melalui akun Facebook, hanya tulisan yang dinilai menarik oleh para admin yang biasanya dibagikan melalui Facebook.

Twitter menjadi senjata ampuh untuk menyebarkan tulisan yang telah diposting para member dengan hastag #1minggu1cerita. Oh ya, tidak hanya twitter dan facebook. Komunitas menulis #1minggu1cerita juga memiliki akun Instragram. Akun instagram ini juga sangat efektif membagikan informasi penting dari #1minggu1cerita.

Bagaimana semua akun itu dikelola? Ya tentu saja, para admin berbagi tugas agar semua social media tersebut dapat dikelola dengan arif dan bijaksana. So, jangan ragu dan bimbang, semua social media bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Apa buktinya? Buktinya adalah saat membuka pendaftaran baru para member sebagian besar mengenal #1minggu1cerita melalui social media. Member yang mendaftar jumlahnya di luar dugaan, ada 200+ blogger! Banyak juga ya penulis melalui media blog di negeri ini. Jumlah member yang meningkat dua kali lipat diharapkan sebanding dengan jumlah tulisan yang disetorkan. Semakin banyak tulisan yang disetor, maka semakin aktif social media berkerja. Bukan tidak mungkin kan #1minggu1cerita jadi media menulis yang dikenal banyak blogger dalam beberapa waktu ke depan. Semoga yaa..

Akhir kata, untuk kamu para member, yuk terus tingkatkan jumlah tulisan kamu. Terus menulis, banyak membaca, dan ceritakan apa yang kamu pikirkan. Karena kami para admin akan berupaya mendukung kegiatan tulis-menulis ini agar menjadi bagian keseharian kita semua. Semangat terus menulisnya, apresiasi tulisan member dengan blog walking dan jangan lupa follow social media #1minggu1cerita 😉

 

Social Media:

Facebook Group, Fans Pages, Twitter, Instagram #1minggu1cerita

Website:

Website Utama, Website Member #1minggu1cerita

 


 

Baca juga: cerita media sosial #1minggu1cerita