Bagaimana cara optimasi SEO On Page ? Hayo siapa yang punya pertanyaan ini ? Jangan khawatir, hari ini Mingce akan berbagi tips buat teman-teman semua yang ingin meningkatkan trafiknya melalui jalur SEO. Kebetulan, Mingce baru aja dapet pelatihan tentang SEO yang bisa dibagikan ke teman-teman semua tentang optimasi. Yuk baca hingga habis.

Cara Optimasi SEO On Page

Selama beberapa minggu ini, Mingce rajin update tentang tips blogging yang berhubungan dengan SEO ya ? Kebetulan memang Mingce mendapatkan kesempatan untuk belajar tentang SEO bersama DailySEO.id pada batch ke 3. Meski Mingce tidak bisa membeberkan semua pelajaran yang disampaikan, dikarenakan banyaknya materi, namun setidaknya Mingce bisa memberikan beberapa pengetahuan seputar SEO pada kalian semua.

Apa Sih SEO On Page ?

SEO On Page adalah sebuah teknik optimasi SEO yang diterapkan pada saat proses penulisan artikel agar lebih mudah masuk peringkat mesin pencari Google. Pada dasarnya teknik SEO memiliki dua jenis cara yakni SEO On Page dan SEO Off Page.

Pada teknik SEO On Page, teknik optimasi yang digunakan sifatnya langsung digunakan pada artikel yang kita susun. Sementara pada teknik SEO Off Page justru teknik yang diterapkan sifatnya tidak secara langsung. Misalnya teknik mendapatkan trafik dengan cara membagikan link artikel pada platform sosial media lain.

Bagaimana Cara Optimasi SEO On Page ?

Hal utama yang perlu dilakukan dalam optimasi SEO adalah dengan membuat konten yang berkualitas. Konten yang dianggap berkualitas adalah sebuah konten yang mampu memberikan sebuah solusi atau setidaknya menyebarkan pengalaman yang berguna. Sehingga pembaca mendapatkan manfaat dari apa yang kita tulis.

1. Algoritma E-E-A-T

Berkembangnya teknologi AI pada bidang penulisan membuat Google membenahi algoritmanya agar bisa menyasar pada tulisan-tulisan yang menitikberatkan pada dan dari manusia.

Pemanfaatan teknologi AI pada pembuatan artikel terkadang membuat sebuah tulisan nampak kaku dan tidak memiliki jiwa. Sehingga terkesan “tulisan yang dihasilkan oleh AI” ditujukan hanya pada mesin pencari saja. Untuk menghindari hal ini, Google memiliki cara tersendiri untuk menanganinya.

Pernah gak kalian mendengar istilah E-E-A-T ? E-E-A-T adalah sebuah panduan yang kita gunakan untuk membuat konten yang berkualitas. Nah, cara optimasi yang utama pada SEO adalah dengan menggunakan teknik ini, yakni :

  • Experience >> Elemen pertama adalah pengalaman. Di mana menurut algoritma Google, sebuah konten dianggap berkualitas dan prioritas apabila mengandung nilai “pengalaman” di dalamnya. Pengalaman yang kita bagikan akan membuat tulisan kita terkesan personal dan terpercaya, karena sejatinya kita sudah mengalaminya.
  • Expertise >> Keahlian menjadi salah satu faktor penting yang digunakan oleh Google untuk merekomendasikan suatu artikel kepada pembaca. Sebuah artikel yang ditulis oleh orang yang memiliki keahlian dibidang tertentu, dianggap bisa lebih dipercaya dan membantu para pembaca mendapatkan solusi dan manfaat yang diinginkannya. Itulah mengapa kita perlu membuat blog yang memiliki niche. Dan untuk membangun sebuah niche cara paling mudah adalah dengan menulis sesuatu yang menjadi keahlian atau kegemaran kita.
  • Authoritativeness >> Sebuah blog yang memiliki otoritas tentu dianggap sebagai blog yang terpercaya bagi Google. Sehingga akan memudahkan artikel yang kita buat mendapatkan peringkat teratas pada mesin pencari.
  • Trust >> Ketiga elemen di atas akan membentuk kepercayaan bagi blog kita, sehingga Google akan mempercayakan blog yang kita miliki kepada pembaca yang membutuhkan informasi.

Cara ini juga akan membantu Google membedakan mana tulisan yang dibuat oleh manusia dan mana yang disusun oleh teknologi AI. Jadi gak perlu takut tersaingi oleh AI selama kita juga mengupgrade diri.

2. Optimasi Artikel Via Fitur Dashboard

Dalam membuat artikel pada blog, entah itu wordpress atau blogger tentu ada fitur-fitur pada dashboard yang perlu kita maksimalkan. Fitur ini akan membantu artikel kita mudah dikenali oleh SERP. Apa saja fitur dashboard yang perlu dimaksimalkan ?

  1. Judul Tulisan >> Judul artikel sangat penting untuk kita perhatikan. Dalam membuat judul artikel hal yang harus dilakukan adalah dengan memasukkan kata kunci (keyword) yang ingin kita targetkan.
  2. Heading/Sub-heading >> Pada saat membuat tulisan pastikan untuk memanfaatkan fitur heading dan subheading yang telah disediakan. Salah satu contohnya seperti yang ada ditulisan ini. Heading dan subheading berfungsi untuk memudahkan Google memahami bahasan yang kita tulis. Sehingga Google lebih cepat memahami topik yang sedang kita bahas.
  3. Kategori & Tag >> Salah satu blog yang dianggap bermanfaat adalah yang memudahkan para pembaca untuk mengaksesnya. Oleh sebab itu, manfaatkan kategori dan tag yang tersedia dengan maksimal agar para pembaca lebih mudag mencari informasi pada blog kita.
  4. Meta Deskripsi >> Meta deskripsi adalah bagian penjelasan yang berpotensi untuk dijelajahi robot mesin pencari. Oleh sebab itu kita perlu memaksimalkan dengan cara memberikan penjelasan yang jelas dan menambahkan keyword secara natural.
  5. Permalink >> Gunakan permalink yang pendek namun mengandung keyword yang ingin kita targetkan sehingga memudahkan robot memahami topik yang sedang kita bahas.
  6. Feature Image >> Jangan lupa untuk memasang gambar yang berfungsi sebagai tumbnail untuk tulisan kita. Pastikan menambahkan alt text image dan nama file gambar yang sesuai dengan kata kunci yang kita pilih.
  7. Internal Link >> Membangun internal link dengan cara menghubungkan artikel yang berhubungan satu sama lainnya mampu membuat performa blog menjadi lebih kokoh dan kuat. Karena memudahkan para pembaca untuk mendapatkan informasi lainnya yang setema.

3. Submit Google Search Console

Hal terpenting agar tulisan kita bisa dijelajah oleh robot mesin pencari adalah dengan cara mendaftarkan blog kita pada Google Search Console. Jika kita tidak mendaftarkan blog pada GSC (Google Search Console), maka kecil kemungkinan blog kita didatangi oleh robot Google untuk dijelajahi.

Googel Search Console ini ibarat sebuah instansi yang mencatat tentang keberadaan blog kita, sehingga mereka bisa secara rutin mengupdate apa yang terjadi dalam blog. Jika kita tidak mendaftarkan diri maka Google akan merasa kesulitan mengenali blog yang kita miliki.

Rangkuman Materi

Secara garis besar hal yang menjadi fokus utama Google dalam merekomendasikan blog kita adalah konten yang berkualitas hanya saja dibantu dengan memaksimalkan SEO dengan menambahkan keyword pada beberapa bagian yang berpotensi dijelajahi robot.

Penempatan keyword yang tidak sesuai porsinya justru akan membuat blog kita tidak mendapatkan kartu hijau. Oleh sebab itu, pilihlah keyword yang tepat dan sesuai dengan topik bahasan, serta jangan terlalu berlebihan dalam menggunakannya.

Supaya kita terbiasa dan semakin lancar dalam membuat artikel yang SEO Friendly maka jangan lupa menulislah walau 1 Minggu 1 Cerita. Buatlah artikel yang tidak hanya bermanfaat tetapi juga berdasarkan pengalaman dan keahlian yang kita miliki. Sehingga artikel kita mampu menginspirasi pembaca lain. Sebagai upaya teknik SEO Off Page jangan lupa untuk setor tulisan di web 1M1C. Buat yang belum pernah gabung, bisa kok registrasi langsung.

Categories: TIPS BLOGGING

1 Comment

Blog Authority : Cara Membangun Otoritas Blog Sesuai Niche - 1minggu1cerita · November 30, 2023 at 9:01 pm

[…] teknik SEO yang On page Mingce juga sudah pernah membahasnya ya ? Jangan lupa dipelajari dan diterapkan. Memang sih, untuk […]

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *