Hai Blogger sahabat Mingce. Apa kabar kalian semua ? Apakah masih semangat menulis ? sudah setor tulisan belum ? (baru muncul udah nagih aja Mingce ! Hih !). Atau mungkin kalian sedang kehabisan ide untuk membuat tulisan yang menarik ? Tenang ! Hari ini Mingce akan berbagi tips blogging tentang cara penulisan artikel yang menarik.

10 Cara Penulisan Artikel Yang Menarik

Setelah Mingce amati selama sering bergerilya ke Blog saat mengedit artikel tulisan pilihan, ternyata ada beberapa bloggger yang nyaman dengan cara penulisan yang sama, Tapi ada juga yang memiliki banyak variasi dalam penulisannya.

Buat teman-teman yang sedang galau ingin memiliki variasi dalam penulisan tapi bingung idenya seperti apa, Mingce akan memberitahukan 10 cara asyik menulis di Blog kamu.

Ngomong-ngomong, dulu Mingce juga pernah menyinggung tentang konten Blog yang menarik loh, tapi artikel ini versinya lebih lengkap. Hihihi..

Dan inilah 10 cara penulisan artikel yang menarik versi Mingce :

Listicle

tulisan pilihan minggu

Membuat konten listicle ini sebenarnya mudah loh teman-teman. Hihi.. Seperti Admin bikin list buat nominasi tulisan pilihan. Etapi ada juga yang gak cuma sekedar list doank. Tapi ada penjelasannya, semacam kurasi ataupun contohnya postingan ini.

Biasanya kita membuat artikel dengan tema atau topik serupa, kemudian membahasnya satu persatu. Tentang penulisannya kalian bisa memanfaatkan tombol Bullet List atau subheading (seperti tulisan Mingce kali ini). Dengan begitu pembaca bisa lebih mengetahui dengan jelas tentang materi yang dibahas.

Tutorial

Sering bikin project DIY ? Pingin sekalian berbagi pengalaman prosesnya ? bisa banget dibikin postingan ala tutorial. Pasti seru habis.

Topik tutorial ini bisa berlaku buat apa aja kok, gak cuma tentang tips Blogging aja. Kalian bisa juga membuat tulisan tentang resep masakan, make up tutorial bahkan yang berhubungan tentang seni. Kayak Blognya sobat Mingce, Si Bowgel – ewafebriart. Hihihi..

Konten Pilar

Konten Pilar adalah konten utama yang menopang artikel-artikel dalam Blog kita Gaes. Kalo semut punya ratu, kalo dalam artikel ada konten pilar (apa hubungannya Mingce ? Duh!).

Intinya konten pilar ini adalah konten utama yang di dalamnya mencakup bahasan yang dalam dan detail dari sebuah topik. Jangan lupa, unsur utamanya adalah membangun internal link antar tulisan yang ada dalam Blog.

Selain menarik karena lebih informatif dan detail, konten pilar ini dibuat dengan tujuan menjadi konten evergreen. Yaitu konten yang akan menjadi sumber trafik organik untuk Blog kita.

Cara membuat konten pilar adalah sebagai berikut ini :

  • Buatlah artikel yang lengkap dan informatif terhadap topik tertentu. Usahakan panjang tulisan minimal 800 kata . Biasanya sih kalo kita membahas hal yang detail dan lengkap, bisa mencapai 1500 kata loh. So, jangan pernah meragukan kemampuan kita Gaes !. Tulisa aja dulu pokoknya !
  • Berikan judul yang catchy. Saran Mingce sertakan kata-kata seperti Tips, Tutorial, cara membuat dll. Hal yang praktikal dan membuat pembaca penasaran. Hihihi..
  • Sertakan keyword pada judulnya ya ? supaya bisa berkesempatan menjadi page one di mesin pencarian.
  • Manfaatkan heading, subheading dan minor heading. Supaya memudahkan pembaca untuk menangkap informasi yang kita berikan.
  • Tambahkan image yang sesuai. Dan jangan lupa untuk menambahkan alt imagenya.
  • Terapkan SEO dengan baik, seperti memberikan nama permalink yang baik (tak terputus). Menyisipkan internal link dalam artikel, tak lupa memberikan deskripsi yang jelas dan menarik.
  • Jangan lupa untuk mengecek indexing Blognya, apakah sudah didaftarkan di search console atau belum. Ini penting, karena percuma kita menerapkan SEO tapi Blog kita tak bisa di index oleh Google.

Coba terapkan tips di atas di Blog kamu, semoga bisa membuat artikelmu nongkrong di page one Mbah Google ya ?

Interview

Sering menuliskan kisah orang lain di Blog kamu ? Coba ditulis dengan bentuk interview, hihihi. Penulisan artikel berbentuk interview di Blog personal juga boleh loh. Jadi jangan ragu-ragu menggunakannya. Caranya juga gampang sebenarnya :

  • Tentukan nara sumbernya.
  • Bikin list pertanyaan yang akan kalian berikan pada nara sumber. Bisa berbentuk email ataupun secara langsung. Saran Mingce kalo kalian menggunakan email sebagai media penghubung, pastikan memiliki waktu yang cukup. Misalnnya saja 2 Minggu – 1 Bulan sebelum tulisan kalian tayang. Supaya kalian punya waktu untuk menulis dan mengeditnya.
  • Pada saat proses pengeditan. usahakan jangan sampai mengubah makna dari jawaban nara sumber. Kalian bisa merapikan bahasanya tanpa mengubah artinya.
  • Sebelum tulisan di-publish ke Blog, pastikan untuk kroscek ke nara sumber lebih dulu. Apakah beliau menyetujuinya atau ada yang perlu diubah. Dengan begitu bisa menghindari kesalahpahaman di masa mendatang.

Yang terakhir sih, kalian bisa langsung share ke Grup atau media sosial tercintamu.

Review

Wah kalo artikel jenis review rasanya memang banyak yang sudah membuatnya ya ? Ada review tempat, review kuliner, review beauty produk ataupun review buku.

Dalam membuat review, usahakan untuk memberikan informasi yang jujur tapi dengan bahasa yang baik. Kalian tidak ingin dicap berbohong oleh pembaca atau dimusuhi klien kan ya ? Hihihi..

Jadi pastikan informasi antara kelebihan dan kekurangan disusun dengan apik dan informatif.

Bercerita Atau StoryTelling

Ada yang sudah membaca cerita tentang KKN Desa Penari ? Hihihi.. Cerita Misteri yang sempat hype beberapa waktu lalu. Mingce tidak ingin menyoroti tentang kisahnya, tapi ingin menggarisbawahi tentang cara penulis bercerita.

Kisah misteri seperti Desa Penari mungkin sudah terdengar lazim Di Indonesia, namun karena cara penulis membawakan ceritanya mengalir disertai dengan detail cerita yang lengkap, membuat poembaca jadi terhanyut dan penasaran hingga akhir. (eh, atau cuma Mingce aja yang penasaran ?).

Intinya, saat Mingce membaca rangkaian tweetnya (biasanya males banget baca) merasa gak bosan. Memang ada sih yang bilang penggalan kata dan tanda baca pada tweetnya banyak yang kurang pas. Namun bagi Mingce detail ceritanya membuat Mingce bisa menghidupkan suasananya di dalam kepala.

Nah dari sinilah kita bisa belajar saat membuat cerita dengan bentuk storytelling. Sajikan alur cerita yang enak dibaca dari awal hingga akhir. dan yang penting penempatan tanda baca juga pas, sehingga pembaca merasa terlena hingga titik terakhir. (halaaah)

Kalo tips yang ini, Mingce juga masih belajar banget, jadi mohon maaf gak bisa memberikan banyak tips berfaedah. Hahaha..

Blog Series

Punya cerita yang memiliki tema sama atau saling berkesinambungan satu sama lainnya ? Kalo iya, kalian bisa membuat postingan berbentuk series.

Salah satu Blog series yang sering Mingce intip tuh tulisannya Kak Reisha, member 1 Minggu 1 Cerita sekaligus merangkap adminnya. Hihihi..

Dia menuliskan pengalamannya hidup di Negara Kanguru ke dalam postingan Blog yang berseri. Dari mulai proses kepindahannya hingga pengalamannya selama hidup di sana.

Asyik bacanya. Bahkan Mingce seolah ikutan berpetualang. Hahaha..

Link List

Punya banyak tulisan di Blog yang memiliki niche serupa ? Kalian bisa menjadikan satu artikel berbentuk link list juga loh Gaes. Di Blog sobat Mingce, Si Bowgel (hihihi..), ada link list yang ditulis dengan memanfaatkan Page pada Blog.

Menurut Bowgel, Page tersebut juga bisa berfungsi sebagai sitelink loh. Ya mungkin karena dalam satu postingan bisa memiliki banyak internal linknya. Pokoknya dicoba aja, siapa tahu bisa menjadi privilege Google, Sitelink.

Survey/Polling

Kamu tipikal orang yang suka mengobservasi ? Tipe artikel survey atau polling juga bisa diterapkan di Blog kamu. Pastikan untuk membuat call to action yang menarik, sehingga pembaca tertarik untuk berpartisipasi mengisi survey kamu.

Jelaskan juga tujuan kamu membuat survey atau polling, sekaligus kalo bisa hasil akhirnya. Bisa dijadikan tulisan Blog berseri tuh. Hihihi..

Infografik

contoh infografik

Konten menarik yang terakhir dari 10 tips Mince adalah tentang infografik.

Gambar/Image menjadi konten yang memiliki magnet lebih dibandingan yang berbentuk text. Bukan hanya untuk pemanis tulisan loh, infomasi yang berbentuk gambar juga lebih mudah dicerna oleh otak karena kita bisa mendapatkan 2 bentuk informasi sekaligus, Visual gambar dan text.

Tak heran sekarang, banyak Blog yang melengkapi artikelnya dengan infografik yang menarik dan informatif.

Itulah 10 cara penulisan artikel yang menarik versi Mingce. Semoga dengan kesepuluh cara ini, teman-teman bisa membangun Blognya semakin ciamik lagi.

Jangan lupa untuk membagikan informasi ini ke tema-teman kamu yang lainnya ya ? siapa tahu informasi ini bisa bermanfaat untuk mereka dan kita semuanya.

Baiklah, Mingce sudahi tulisan ini karena tangan Mince udah mulau pegel. Sampai ketemu di tips Blogging selanjutnya.

Menulislah Walau 1 Minggu 1 Cerita

MIngce

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *