TIPS PRODUKTIF MENGAWALI HARIMU

Minggu ini adalah minggu tematik pertama di tahun 2019 untuk komunitas #1Minggu1Cerita. Dan pilihan tema minggu ini adalah Awal. Ngomongin Awal, saya jadi terpikir untuk membuat postingan ini. Tips Produktif Untuk Mengawali Harimu.

10 TIPS PRODUKTIF UNTUK MENGAWALI HARIMU

Terkadang saat pagi hari, kita dirundung malas tanpa sebab yang jelas. Kalo dibiarin jadi bikin keterusan Gaes. Jadi, apakah ada cara untuk menyingkirkan kemalasan ? Hihihi.. Ada pasti ada. Jawaban yang utama adalah Niat. Hahaha.. Selanjutnya, ada beberapa tips produktif untuk meningkatkan performamu nie.

AKTIVITAS MALAM SEBELUMNYA

Produktifitas kamu, bisa dimulai dari malam sebelumnya ya Gaes. Hihi.. Supaya keesokan paginya bisa lebih semangat dan produktif. Apa saja sih, hal yang bisa kamu lakukan malam hari sebelumnya ?

MEMPERSIAPKAN HAL YANG AKAN DIBAWA ESOK HARI

Supaya pagi hari gak ribet, tak ada salahnya mempersiapkan barang yang akan dibawa atau digunakan malam sebelumnya. Misalnya peralatan wajib yang harus digunakan, Laptop, Notebook, jam tangan, alat tulis, Gadget dll. Supaya pagi harinya, bisa kita manfaatkan untuk persiapan yang lain.

Mempersiapkan barang-barang pada malam sebelumnya, juga menimalisir ada yang tertinggal Gaes. Buatlah list peralatan yang akan dibawa. Checklist dan persiapkan malam itu juga. Kalo perlu, kita bisa juga menyiapkan pakaian yang akan kita kenakan keesokan harinya. Hihi..

RENCANAKAN KEGIATAN ESOK HARI

Sebelum mengawali hari produktifmu, susunlah rencana yang ingin kalian lakukan esok hari. Kalian bisa menggunakan To Do list atau Bullet Journal. Pikirkan Task atau To Do list yang paling prioritas untuk diselesaikan esok hari. Supaya kita memiliki gambaran apa saja yang harus dikerjakan.

Selain To Do list, perhatikan juga apakah esok hari kalian memiliki janji atau harus menghadiri suatu event tertentu. Jika iya, kalian bisa mempersiapkan apa yang dibutuhkan malam harinya.

ISTIRAHAT YANG CUKUP

Penting untuk memiliki kualitas dan kuantitas istirahat yang cukup. Terutama supaya bisa memulai harimu di keesokan paginya dengan semangat . Barangkali hal ini sedikit susah di miliki oleh Bunda yang memiliki Buah hati ya ?. Tapi usahakan untuk selalu mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Supaya tubuh bisa bugar dalam beraktivitas.

MENCIPTAKAN PAGI YANG PRODUKTIF

Tips Produktif Morning Routine

Setelah malam sebelumnya kita mempersiapkan hal yang diperlukan. Saatnya kita mulai pagi dengan beberapa tips produktif lainnya. Yeay ! Beberapa Tips berikut ini bisa membantumu untuk mendapatkan hasil yang baik sepanjang hari. Hihi..

BANGUN LEBIH AWAL

Bangun lebih awal yang dimaksud adalah lebih awal dari jam dimulainya kegiatan ya Gaes. Misalnya kalian terbiasa melakukan kegiatan jam 7 pagi, paling tidak bangun 30 menit lebih awal. Syukur-syukur bisa satu jam sebelumnya. Bagi yang Muslim, tentu tidak menjadi soal ya ? Hihi.. Karena harus bangun lebih pagi untuk beribadah.

Bangun lebih awal memberimu kesempatan untuk mempersiapkan diri. Apalagi yang akan tempur dengan berbagai aktivitas. Berasa mau perang ya ? Haha.

MENCIPTAKAN MORNING ROUTINE

Apa sih Morning Routine ? Morning Routine adalah rutinitas yang dilakukan setiap pagi hari. Apa pentingnya Morning Routine untuk kita ? Morning Routine mengajarkan kita tentang disiplin diri. Jika ingin menjadi jiwa yang produktif, harus dimulai dengan cara mendisplinkan diri. Termasuk melalui Morning Routine. Hihi..

Tujuan utama Morning Routine bukanlah untuk bisa mengerjakan semua to do list kamu. Tetapi, supaya lebih fokus mengawali hari dengan percaya diri dan berkegiatan positif. Dengan menciptakan kegiatan positif, tentu akan memacu kita untuk lebih produktif sepanjang hari.

Morning Routine bisa berupa banyak hal. Misalnya membersihkan tempat tidur, minum kopi, olah raga, meditasi, membuat planning ataupun menulis journal. Kalian bisa menciptakan morning routine sesuai dengan aktivitas kalian sehari-hari.

EAT THAT FROG !

Loh.. Apa ini ? Hihi.. Tenang ! Ini bukan metode untuk makan kodok kok. Gak seharfiah itu juga artinya hahaha..

EAT THAT FROG adalah metode produktifitas yang diciptakan oleh Brian Tracy.

Metode ini menganjurkan kita untuk lebih dulu melakukan kegiatan yang kita anggap berat. Terutama pekerjaan yang memakan banyak waktu. Lakukan pekerjaan tersebut, justru pada pagi hari. Sehingga, siang hari pekerjaan kalian terasa lebih ringan.

Metode ini juga bisa digunakan untuk hal yang sering kita tunda. Hihihi.. Alasan malas kadang bikin numpuk kerjaan, dan mempengaruhi kerjaan yang lainnya. Eat that Frog diciptakan untuk mengatasi masalah tersebut. Supaya saat siang hari kita gak terbawa ikutan males gitu Gaes.

AKTIVITAS SIANG HARI

Tips Productive day

Setelah memanfaatkan waktu pagi, berikut ini tips produktif untuk siang hari nie Gaes. Apa saja hal yang bisa membuatmu lebih produktif ?

JANGAN MULTITASKING !

Jangan Multitasking ” merupakan tips produktif yang sering dianjurkan. Seringkali aktivitas multitasking (mengerjakan banyak hal secara bersamaan) tanpa sadar sering kita kerjakan ya ? Misalnya, saat buka laptop. 1 layar sibuk ngepoin Sosmed, satu lagi sibuk balas email. Eh itu sih cuma saya dink. Haha..

Pada intinya, sebelum kalian melakukan jenis pekerjaan baru. Selesaikan dulu pekerjaan sebelumnya. Dengan begitu kalian bisa lebih fokus mengerjakan to do listnya hingga selesai tanpa gangguan.

Seperti yang kita bahas di awal tadi, lakukan pekerjaan yang sering tertunda atau prioritas utama terlebih dahulu. Jangan sampai kita serasa dikejar-kejar terus sama deadline. Hihi..

POMODORO

Jika pekerjaan kalian terasa sangat berat dan memakan waktu cukup lama, gunakan teknik Pomodoro. Apa itu teknik Pomodoro ? Yaitu teknik yang diciptakan oleh Francesco Cirillo. Caranya tergolong sangat mudah. Dan bisa diterapkan ke semua jenis pekerjaan.

tips produktif pomodoro technique

Pomodoro teknik :

  • Siapkan timer (bisa juga dari Hp)
  • Setup 25 menit
  • Kerjakan pekerjaan apapun selama 25 menit tersebut. Kemudian gunakan 5 menit setelahnya untuk beristirahat.
  • Jika kalian sudah melakukan 3 – 4 kali berturut-turut, kalian bisa menggunakan waktu istirahat lebih lama, +- 15 menit.
  • Lakukan hingga pekerjaan selesai.

Teknik Pomodoro juga bisa digunakan saat menulis loh. Setup waktu 25 Menit, buatlah tulisanmu. Bisa kalian buat di Blog ataupun Buku. Istirahatlah 5 menit untuk keperluan sepele. Misalnya minum, atau meregangkan otot tangan. Kemudian lanjut kembali. Ulangi sesuai batas kerja yang kalian tentukan.

TIME BLOCKING

Sebenarnya Pomodoro adalah salah satu teknik Time Blocking. Tapi umumnya time blocking itu dilakukan dengan cara membagi waktu tertentu untuk satu to do list.

Manfaat Time Blocking ini adalah :
  • Mengetahui apa yang kita kerjakan. Misalnya jam 9 – 11.30 menulis Blog, atau buku chapter 5.
  • Lebih fokus dan spesifik pada pekerjaan yang sedang kita lakukan.
  • Mengurangi gangguan atau distraksi, khususnya sosial media.
  • Pekerjaan lebih cepat selesai karena fokus.
  • Yang pasti Makin produktif.

Contoh Time Blocking , Misalnya ;

  • Jam 9 sampai jam 11.30 siang kerja.
  • 11.30 sampai jam 1 siang istirahat.
  • Jam 1 hingga jam 4 kerja lagi, dst.

Selama jam 9 – 11.30 siang, kita bisa menggunakan teknik Pomodoro hingga kerjaan selesai.

REVIEW HARIMU

Reflect Your Day

Untuk mengetahui apa saja yang sudah kita kerjakan, tak ada salahnya kita melakukan review pekerjaan. Jika kalian menggunakan Bullet Journal, kalian bisa memberikan catatan tentang hal yang terjadi hari itu.

Atau kalian juga bisa membuat journal biasa, dengan mencatat apa saja yang sudah dilakukan. Hitung-hitung sambil membangun rutinitas menulis. Hihihi..


Itulah beberapa tips produktif untuk mengawali harimu. Semoga tips tersebut bisa meningkatkan produktifitasmu setiap hari. Jika kalian ingin mencoba metode produktifitas lainnya, bisa kalian temukan di sini.

Owh iya, jangan lupa untuk setor tulisan minggu tematik ini Gaes. Hihi.. Bingung mendapatkan ide menulis ? Kalian bisa juga baca postingan tentang cara mendapatkan ide kreatif menulis Blog. Jika kalian memiliki tips produktifitas lainnya, bisa meninggalkan pesan di kolom komentar. Bingung form kolomnya ? Kalian tinggal klik link komentar di bawah Judul Tulisan.

Credit images : Canva

Ingat ! Menulislah, Walau #1Minggu1Cerita


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *