CARA MENDAPATKAN IDE KREATIF MENULIS BLOG

Cara mendapatkan Ide Kreatif Menulis Blog

Memiliki Blog artinya kita dituntut untuk terus menulis. Karena menulis adalah memberi nyawa pada suatu Blog. Masalahnya, kadang kita terhenti untuk menulis. Bahasa kerennya adalah ” Writer’s Block “. Adakah cara untuk terhindar dari Writer’s Block ? Dan, Bagaimana cara mendapatkan ide kreatif untuk menulis ? Postingan kali ini ada beberapa tips menulis yang bisa kalian terapkan pada Blog.

Writer’s  Block memang bisa menyerang siapa saja. Tapi yang terpenting kita mengetahui alasannya. Apa saja sih, yang bisa menyebabkan hal itu terjadi ? Beberapa alasan berikut ini bisa menjadi penyebabnya : 

  • Kekurangan ide kreatif dalam menulis
  • Keraguan dan kekhawatiran terhadap potensi diri
  • Perfeksionis
  • Malas
  • Kesibukan 
  • Sakit

Setelah mengetahui penyebabnya, saatnya kita mencari solusi. Jika kalian sering mengalami Writer’s Block, karena masalah kekurangan ide kreatif. Beberapa cara berikut ini bisa menjadi solusinya. Apa saja ? Berikut ulasannya. 


9 CARA MENDAPATKAN IDE KREATIF UNTUK MENULIS BLOG

Mendapatkan ide kreatif untuk menulis perlu strategi. Tak selamanya sulit. Kalian bisa menggunakan 9 Tips Cara Mendapatkan Ide Kreatif Untuk Menulis berikut ini :

1. KENALI TEMA YANG PALING SERING KAMU TULIS

Dengan mengenali tema tulisan, mempermudah kita mencari ide yang akan dibahas. Terlebih lagi, apabila tema tersebut adalah hal yang kita sukai. Untuk mendapatkan ide kreatifnya, kalian bisa menggunakan trik ini :

  • Siapkan buku tulis. Selanjutnya, buku ini kita anggap sebagai Ideas Journal.
  • Atau kalian bisa membuat Bullet Journal Khusus untuk Blogger.
  • Buat daftar kategori Blog yang kalian miliki. Atau yang ingin kalian bahas.
  • Pisahkan Kategori tersebut pada buku Ideas Journal.
  • Catat semua ide yang muncul sesuai dengan kategorinya.
  • Jika kalian mengalami writer’s Block, saatnya untuk melihat ide apa saja yang pernah tertulis.

Ide seringkali datang dan pergi. Jadi, sangat penting bagi kita untuk selalu merekamnya. Selain menggunakan buku  [analog], bisa juga menggunakan digital. Atau membuat kerangka pikiran (draft) pada dashboard.

2. MEMBACA BUKU ATAU ARTIKEL DARI SUMBER LAINNYA

1Minggu1Cerita tips menulis

Membaca adalah surganya ide bagi penulis. Dengan membaca kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan, bahkan juga ide baru. Jaman sekarang, banyak media yang bisa kita baca. Tak hanya media cetak, tapi juga digital. Jadi, tak ada alasan untuk tidak membaca. Apalagi, jika ingin mendapatkan banyak inspirasi baru.

3. BERBAGI PENGALAMAN YANG KITA RASAKAN

Ide kreatif selanjutnya berasal dari pengalaman. Bisa dari pengalaman sendiri, atau pengalaman orang lain. Tapi ingat, jika kalian ingin berbagi pengalaman milik orang lain tanyakan terlebih dahulu. Apakah mereka bersedia ? Ataukah kalian harus mengadaptasi ceritanya. Jangan sampai, gara-gara ingin berbagi pengalaman, malah tumbuh persoalan. Hihihi..

Menulis pengalaman bisa menjadi sumber informasi bagi orang lain loh. Apalagi jika tulisan yang kalian buat lebih lengkap dan informatif. Tentu akan membantu orang lain jika mengalami hal yang sama.

Baca Juga : 7 Blogging Tips 2019

4. PERHATIKAN HAL YANG SEDANG NGETREND

Berikutnya adalah membuat tulisan yang bersumber dari peristiwa yang lagi ngetrend. Biasanya hal yang lagi ngetrend itu paling dicari di jagat internet. Nah ini kesempatan untuk kita membuat tulisan yang serupa. Tapi ingat ! Supaya tidak sama, buatlah dari sudut pandang yang berbeda.

Meski membahas materi yang sama dengan Blog lain. Pastikan bahasanya berbeda dengan yang lainnya. Buatlah dengan gaya bahasamu sendiri. Jangan melakukan tindakan yang merugikan orang lain dan diri sendiri. Dengan begitu pembaca bisa mendapatkan informasi dari perspektif yang berbeda.

5. MANFAATKAN QUOTE DARI ORANG TERKENAL

the scariest moment is always to start

Ini juga bisa menjadi trik jitu Gaes. Ide bisa datang dari mana saja. Termasuk dari Quote orang terkenal. Misalnya Quote tentang menulis.

The scariest moment is always just before you start.  ~ Stephen King

Dari Quote di atas, kita bisa membuat postingan tentang motivasi menulis untuk pembaca. Kita bisa membuat tips bagaimana menghadapi rasa takut saat memulai sesuatu. Bagaimana menghadapi keraguan saat membuat tulisan. Atau berbagi pengalaman bagaimana mengatasi rasa frustasi saat tak punya ide menulis.

6. GUNAKAN PROMPT LIST UNTUK MERANGSANG IDE

Kalo teman-teman sering berselancar di Pinterest. Barangkali, tak asing dengan metode ini. Banyak sekali contoh Prompt List yang bisa kita gunakan sebagai tema tulisan. Mulai dari yang bersifat personal. Hingga yang digunakan untuk berbisnis. 

contoh prompt list 1Minggu1Cerita
Contoh Prompt list

Dengan Prompt List membantu kita untuk mendapatkan ide kreatif. Misalnya hari ini prompt listnya adalah : 

Minggu 5 : Tulislah tentang bahasan Blog Fav. mu

Berdasarkan Promp list tersebut, kita bisa menciptakan tulisan baru. Tulisan yang bertemakan sesuai dengan prompt list tersebut. Hehehe.. Atau jika kaliam menjadi member #1Minggu1Cerita, ada minggu tematik setiap bulannya. Biasanya jatuh pada minggu ke 2.

7. MENGIKUTI CHALLENGE ATAU LOMBA BLOG

Salah satu cara mendapatkan ide kreatif menulis adalah mengikuti challenge ataupun Lomba. Nah, Biasanya nie Temanya sudah ditentukan. Dengan mengetahui tema yang harus ditulis, kita bisa lebih mudah menyusun tulisan. Meski kadang kita harus melakukan riset materi lebih dulu. Biar tulisan kita makin lengkap. Syukur-syukur bisa menang. Hehe Blog terupdate, hadiahpun mengalir.

8. MEMBUAT LIST REKOMENDASI BAGI PEMBACA

Ini yang paling sering saya lakukan kalo sudah mentok ide. Hihi.. Membuat list rekomendasi. Misalnya 10 Blog Untuk Dikunjungi, 5 Buku Yang Harus Dibaca oleh Blogger, dll. 

Saat membuat tulisan yang bersifat rekomendasi. Biasanya, kita butuh sumber informasi dari tempat lain. Jika ini terjadi, jangan lupa untuk memberikan kredit bagi sumbernya. Atau kalian juga bisa membuat List Rekomendasi Tulisan di Blog kalian sendiri. Dengan menggunakan internal link. Hihihi..

9. MELAKUKAN INTERVIEW DENGAN NARA SUMBER LAINNYA

Menawarkan informasi pada laman Blog kita, tak melulu harus berformat Storytelling. Kalian bisa menggunakan format interview dengan nara sumber. Contohnya seperti yang tulisan tentang Belajar Komputer Sejak Dini Dengan Skaci


Pada intinya banyak jalan menuju Roma (apa sih ?) Hahaa.. Banyak cara mendapatkan ide kreatif menulis Blog. Ini hanya beberapa cara yang bisa kalian gunakan. Tapi yang terpenting adalah Niat dan Waktu. Seringkali kita mendapatkan banyak ide menulis tapi justru tak punya banyak waktu untuk membuatnya. Atau kadang, rasanya males banget mau mengeksekusi.

Jika kalian menghadapi masalah tersebut, solusinya adalah manajemen waktu dan motivasi yang tinggi. Nah, supaya termotivasi tetap menulis, jangan lupa ikutan komunitas #1Minggu1Cerita nie Gaes. Biar kita sama-sama memotivasi untuk terus berkarya. Cara mendaftarnya mudah banget. Kalian bisa mengisi Form ini. Dan jika sudah menjadi member, kalian juga bisa menyetor tulisan

Akan ada pilihan Tulisan favorite tiap minggunya loh. Tak hanya itu, dengan melakukan setor tulisan, teman-teman yang lainnya jadi bisa Blogwalking. Hihi.. Biar makin semangat nulisnya ya Gaes. Ingat ! Menulislah , walau #1Minggu1Cerita.

You may also like

Leave a Reply