Tanggal 5 Maret 2019, dunia Blogging digemparkan dengan adanya perubahan tingkatan Domain Authority pada Blog masing-masing. Sebagian Blogger panik karena angka Domain Authority (DA) mereka terjun bebas. Sebenarnya, adakah dampak perubahan domain authority pada Blog kita ?

Dampak Perubahan Domain Authority (DA) Dan Page Authority (PA) Pada Blog

Tak bisa dipungkiri, Domain Authority atau DA beberapa tahun belakangan ini menjadi salah satu pengukur metrik terpercaya untuk melihat tingkatan Blog pada mesin pencari. Tak heran, bagi yang memonetasi Blognya, mereka sering diminta klien untuk memperlihatkan tingkatan DA dan PA (Page Authority) sebelum menerima job.

Bagi sebagian Blogger, DA/PA adalah istilah asing dan kurang familiar. Supaya kita tahu tentang pembahasan ini, kita akan mengulik, apa sih sebenarnya DA dan PA ? Dan kenapa perubahannya sempat membuat Blogger panik ?. Mingce sendiri juga bingung sebenarnya sama hal yang beginian, tapi bukan berarti Mingce gak ngerti sama sekali. Mingce coba perkenalkan istilah ini ya. Biar dikit-dikit kita juga ngerti. 🤭

Pengertian DA dan PA

Domain Authority (DA) adalah tolak ukur metrik yang digunakan untuk mengetahui seberapa bagus tingkatan performa Blog kita di mesin pencarian. DA sendiri di ukur berdasarkan umur web/blog, popularitas dan ukuran Blog.

Domain Authority (DA) is a search engine ranking score developed by Moz that predicts how well a website will rank on search engine result pages (SERPs)

Moz.com

Page Authority (PA) adalah nilai yang diberikan oleh Moz untuk memprediksi seberapa bagus tingkatan halaman (tertentu) pada web atau Blog kita. Jika Domain Authority (DA) menilai keseluruhan Domain Blog atau Subdomain Blog kita, maka Page Authority (PA) hanya halaman tertentu dari keseluruhan domain yang kita miliki.

Page Authority (PA) is a score developed by Moz that predicts how well a specific page will rank on search engine result pages (SERP).

Moz.com

Cara Mengetahui Score DA dan PA

DA/PA menggunakan score (angka) untuk menunjukkan tingkatannya. Score dimulai dari yang terendah 1 hingga yang tertinggi 100. Selain Umur Web/Blog, yang paling umum bisa meningkatkan score DA kita adalah popularitas. Nah popularitas ini, bisa diwujudkan dengan cara membangun ekternal dan internal link pada Blog kita. Serta bagaimana hubungan sehat yang kita lakukan dengan Blog/Web lain di jagad Internet.

let's find out DA and PA

Karena alasan inilah, banyak klien yang membutuhkan jasa Blogger, meminta DA/PA mereka (dengan batas minimal tertentu) sebagai salah satu syarat menerima Job. Mereka menggunakan score DA/PA yang dimiliki para Blogger sebagai salah satu bukti baik tidaknya performa Blog/Webnya.

Untuk mengetahui nilai score DA/PA kita, kalian bisa mengeceknya di situs yang menawarkan jasa (gratis 🤭). Seperti di :

Dampak Perubahan Domain Authority dan Page Authority

Dengan adanya kejadian perubahan algoritma yang dilakukan pihak MOZ , tentu membuat para Blogger yang biasanya menerima Job jadi panik. Apalagi jika sebelumnya mereka dengan semangat dan segala upaya meningkatkan jumlah scorenya. Kebayang donk usaha mereka kemudian terlihat sia-sia. Nilai DA/PA mereka yang tadinya tinggi, mendadak terjun bebas dibandingkan sebelumnya.

Namun jangan kuatir ! perubahan ini tidak hanya dialami satu orang saja, tapi hampir semuanya. Itu artinya kompetitor kitapun DA/PAnya juga terjun bebas. Hihihi.. Mungkin yang menjadi PR (read : Pe Er) adalah para Klien yang harus mengadaptasi dan menentukan score baru untuk dijadikan patokan. Hehe..

Gara-gara kejadian ini pula, kemudian pihak Google dikomplain oleh banyak orang. Yang kemudian membuat pihak Google bereaksi terhadap keadaan ini. Melalui akun twitternya, @Johnmu, memberikan tanggapan seperti di bawah ini (Klik Di Sini)

https://twitter.com/JohnMu/status/1103287929672265728

Sementara pihak Moz pun akhirnya memberikan Klarifikasi, dengan mengatakan bahwa DA dan PA tidak ada hubungannya dengan Google Rank. Berikut ini adalah percakapan antara Google analyst dan Moz.com.

Bagaimana Menghadapi Perubahan Domain Authority & Page Authority ?

Setelah terjadi kehebohan luar biasa di jagad internet, akhirnya pihak Moz membuat disclaimer dengan mengupdate media twitternya. Diantaranya informasi bio, pin tweet, bahkan bannernya :

Pada intinya, meski DA/PA menjadi salah satu alat ukur penentuan bagus tidaknya performa Blog kita, tapi itu bukan alat ukur mutlak. Menurut Google, selama ini banyak yang terkecoh dengan urusan DA/PA. Padahal untuk menentukan rangking pada mesin pencarian, Google tidak menggunakan parameter pihak ke 3. Jadi gak perlu panik ya Gaes ! .

Yang perlu kita lakukan untuk menghadapi keadaan ini adalah dengan memaksimalkan beberapa hal berikut ini :

  • Fokus menulis dengan ide kreatif
  • Manfaatkan keyword (ini justru yang paling dipertimbangkan Google). Letakan pada judul, paragraf awal (pembuka), heading/subheading, meta deskripsi (snippet).
  • Buat judul yang membuat orang ingin membaca.
  • Ciptakan hubungan link yang sehat (eksternal dan internal link). Contohnya seperti link yang ada dalam tulisan ini.
  • Manfaatkan Info grafik dan image karena bisa membantu memaksimalkan informasi yang kita berikan.
  • Buat tulisan terstruktur dan mudah dipahami.
  • Jangan Copas ! Tulislah pengalaman dan kisah unikmu sendiri. Beri kredit pada sumbernya.
  • Keep Calm dan Tetaplah menulis walau #1Minggu1Cerita ! Kyaaa… Hahaha.. tetep nagih setor tulisan. Hihihi

Meski DA/PA lagi heboh begini, jangan lupa setor tulisan Minggu Tematik ya ? Temanya Romantis ! 🥰 . Karena untuk menyelamatkan kita dari kick out Bu admin, adalah dengan setor tulisan di web. Jangan lupa juga untuk menyertakan kalimat promo yang menarik (Caranya bisa diklik di sini), supaya bisa dishare di twitter #1Minggu1Cerita. 😂😂😂

https://twitter.com/1minggu1cerita/status/1099120258529386497

Terima kasih sudah membaca. Tetaplah semangat dalam menulis ya Gaes.. ! Karena kita semua akan tetap aman berada di mesin pencarian apabila tetap Menulis, Walau #1Minggu1Cerita. 🤭🤭🤭🤭


2 Comments

MR.KN · March 8, 2019 at 7:30 am

Jangan Panik gegara Angka “saham” DA PA blog kita Anjlok secara DRASTIS.

Percayalah……DA PA hanyalah INDIKATOR, apakah blog tersebut bisa di pasang Content Placement atau tidak, JADI bukan harga wajib, TAPI yang paling utama buat Pemberi Job Content Placement adalah TRAFIK,NICHE blog ,kecocokan HARGA DLL.

kok, saya tahu ? sebab saya adalah salah satu Orang Yang Memberi JOB CONTENT PLACEMENT.

Kalau cuma nyari, blog dengan DA PA paling tinggi untuk dipasangi CONTENT PLACEMENT,Maka sudah pasti Hanya Blog Zombie-lah yang akan diajak KERJA SAMA, bukan blog – blog ALAMI yang seperti Rekan – rekan miliki.

sebab secara umum blog ZOMBIE memiliki DA PA gede, namun trafiknya kecil. Makanya blog zombie walau segede apapun DA PA-nya biasanya akan di tolak secara halus dan sulit diterima untuk kerja sama content placement.

So… sisingkan lengan baju, berjuang kembali untuk mendongrak DA PA blog, agar kualitas blog kita bisa membuat Google Tersenyum…..

Salam.Mr.KN

Sri Wahyu · March 13, 2019 at 10:50 am

Oh.. Jadi begitu yah. Soalnya punya saya jg setelah di cek ko malah berkurang. Terimakasih informasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *