Tips Menulis Kreatif di Blog

Apakah teman-teman sering merasa kesulitan membuat tulisan pada Blog ? Bahkan kadang ragu, harus baku atau tidak. Membuat tulisan di Blog tentu berbeda dengan membuat tulisan untuk sebuah buku. Meskipun sama-sama aktivitas menulis. Kali ini admin akan berbagi tips menulis kreatif di Blog.

TIPS MENULIS KREATIF DI BLOG

Meski sama-sama aktivitas menulis. Menulis kreatif di Blog tidak sama seperti layaknya kita menulis untuk membuat Buku. Penulisan pada postingan Blog lebih bersifat personal dan tidak kaku. Sementara menulis untuk buku diharuskan sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Ada beberapa hal yang bisa kita gunakan sebagai tips menulis kreatif di Blog. Supaya tulisan kita mudah dibaca dan dipahami. Diantaranya adalah :

SIMPLE

Saat kita membuat tulisan untuk postingan di Blog. Usahakan  bersifat Simple atau tidak rumit. Terutama dari segi bahasa (semoga bahasa admin juga mudah dipahami ya ? Hihi..). Ini dikarenakan target pembaca Blog kita seringkali dari berbagai golongan. Oleh Karena itu, diharapkan bahasanya gampang dimengerti.

Bahkan, jika kalian menggunakan WordPress sebagai platformnya, sering kali kita diingatkan untuk membuat kalimat pendek. Setidaknya dalam satu kalimat, maksimal hanya memiliki 20 kata. Jika kita memiliki kalimat panjang, alangkah baiknya dipenggal menjadi 2 kalimat. Dan tentu saja, manfaatkan kata sambung. 

INFORMATIF

Seringkali orang mencari informasi di belantara dunia maya. Internet menjadi sumber informasi yang tidak ada habisnya. Nah, jika teman-teman ingin tulisannya dibaca orang lain. Maka, diharapkan tulisan tersebut mengandung unsur informatif.

5 tips menulis di Blog

Meskipun tulisan kita sebenarnya adalah curhatan, tak ada salahnya menyelipkan informasi yang bermanfaat bagi pembaca. Dengan begitu pembaca akan balik lagi mengunjungi Blog kita. Hihihi.. 

PARAGRAF JANGAN TERLALU PANJANG

Tips menulis kreatif di Blog selanjutnya adalah tentang jumlah kalimat dalam paragraf. Jika kita menulis Buku, tak ada masalah apabila paragraf kita panjang. Atau terdiri lebih dari 5 kalimat. Namun, hal ini tak berlaku jika kita membuat tulisan untuk postingan Blog. 

Dalam setiap paragraf, diharapkan tak lebih dari 5 kalimat saja. Itu karena media yang kita gunakan adalah layar Handphone atau desktop. Yang mana, jika terlalu panjang akan membuat mata kita lelah untuk membacanya. Walhasil, pembaca sering kabur dan itu bisa menyebabkan Bounce rate pada Blog kita. 

SEPERTI BERBICARA

Selanjutnya adalah tentang gaya bahasa yang kita gunakan. Dalam membuat tulisan di Blog, karena bersifat personal, ada baiknya menggunakan gaya bahasa seperti saat kita sedang berbicara. Dengan begitu pembaca bisa lebih dekat dan merasa dilibatkan. (Halaaah) hahhaha… 

Penggunaan gaya bahasa (seolah) saat kita  sedang berbicara itu, lebih luwes untuk dibaca. Dan tak terkesan kaku. Ini bisa membuat pembaca kita nyaman berlama-lama. 

Meski begitu, saat membuat tulisan di Blog, perhatikan juga tentang faktor SEO ya Gaes. Itulah kenapa, kita juga tak boleh menulis kalimat yang terlalu ” semau gue ” #eh. Dikarenakan Sang Robot Google tak bisa memahami bahasa yang terlalu kasual (banget). Atau tak sesuai tatanan bahasa.

Jadi ya mau gak mau, meski santai tapi juga harus mengikuti tatanan bahasa yang sesuai. Kedengarannya ribet banget ya ? . Hahaha.. Pokoknya jangan menggunakan tulisan yang membuat Google bingung ya ? Seperti contohnya penulisan 4L4Y 🤭. 

HINDARI MENGGUNAKAN SINGKATAN

Yang ini masih ada hubungannya sama SEO juga ya teman-teman. Biasanya, awal kita membuat Blog, tanpa sadar kita sering menggunakan kata singkatan. Mungkin karena kita terbiasa menulis di SMS ya.. ? Tetapi, kalo bisa hindari menggunakannya.  

Kenapa kita harus menghindari penggunaannya ? Karena, selain berpengaruh pada SEO (robot tak mampu memahaminya), juga karena bisa menyebabkan salah penafsiran pembaca. Oleh karena itu, meski terkadang melelahkan, tetaplah menulis kata dengan lengkap. Hehehe.. 

menulis dengan hati

Mungkin diantara tips yang lainnya, menulis dengan hati adalah tips menulis kreatif yang manjur. Menulis dengan hati bisa terasa oleh pembaca kita loh. Seolah mereka juga merasakan apa yang sedang kita alami. 

Selain itu, menulis dengan hati mampu meningkatkan konsistensi kita. Karena kita paham betul apa yang kita sampaikan, dan itu membuat kita jadi semangat untuk menciptakan tulisan baru lagi. Dengan begitu, konsistensi kita dalam menulis terjaga dengan baik. 


Itulah tadi beberapa tips menulis kreatif di Blog. Ingin tips yang lainnya ? Bisa juga membaca tips mendapatkan ide kreatif menulis Blog. Atau bisa juga membaca tentang tips produktif. Hehehe…

Owh iya, minggu ini memasuki minggu pertama di Bulan Februari ya ? Itu artinya komunitas #1Minggu1Cerita sedang memasuki minggu tematik teman. Hihi..

Minggu tematik adalah Minggu dimana kita harus setor tulisan sesuai tema yang ditentukan. Nah minggu ini temanya adalah Kehilangan. Jangan lupa, jika sudah membuat tulisan untuk setor di web ya.. ? Siapa tahu bisa jadi pemenang Tulisan Pilihan minggu ke 6 loh.

Buat teman-teman yang membaca tulisan ini dan ingin menjadi member komunitas, juga bisa kok. Kalian bisa mendaftar di sini

Menulislah Walau #1Minggu1Cerita


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *