Jaman sekarang menjadi Blogger tak hanya bermodalkan kemampuan menulis saja. Meski Content Is The King . 🤭 Ada banyak tool pendukung yang harus kita kembangkan, supaya tampilan Blog makin ciamik. Hari ini, Mingce akan berbagi tips tentang 7 Aplikasi Photo Editor Untuk Blogger. Hehehe..

7 Aplikasi Photo Editor Android Untuk Blogger

Menjadi Narablog saat ini lebih dipermudah. Selain urusan ide kreatif untuk menulis, menjadi Narablog jaman sekarang lebih mudah karena banyak pilihan platform dan medianya. Tak perlu repot menggunakan Laptop untuk urusan konten. Bahkan menggunakan Smartphone pun bisa.

Apalagi jaman sekarang, orang sudah banyak mengambil foto dari kamera Smartphone. Gampang kan ? Tinggal Cekrek, Edit kemudian Update. Hehee.. Untuk urusan edit gambar, teman-teman bisa memanfaatkan fitur aplikasi untuk mempercantik foto-fotonya. Bisa mengedit pencahayaan, saturasi gambar bahkan bisa membuat infografik segala. Lengkap kan ?

Dan hari ini Mingce akan membagikan 7 Aplikasi Photo Editor Android untuk Blogger, jadi teman-teman bisa mengedit dan mempercantik foto sebelum dipublish ke Blog.

SNAPSEED

Snapseed barangkali aplikasi yang paling umum digunakan untuk mengedit gambar. Terutama untuk mengatur pencahayaan, saturasi, kekontrasan, shadow bahkan hightlightnya.

photo editor untuk blogger

Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh Snapseed, supaya hasil foto kamu makin cemerlang. Salah satunya ada fitur Healing yang bisa kalian gunakan untuk memperbaiki area yang kurang pas diantara sekitarnya.

Fitur Brush bisa kalian manfaatkan untuk mengatur pencahayaan dan saturasi dititik-titik tertentu. Bahkan ada juga Text yang bisa dimanfaatkan untuk membuat watermark pada gambar. Sayangnya aplikasi ini belum dilengkapi dengan pengaturan transparansi untuk membuat text watermark.

LIGHTROOM

Lightroom adalah photo editor dengan banyak pilihan editing dibandingkan dengan Snapseed. Dari mulai pencahayaan hingga pengaturan camera lensa.

Optics adalah fitur yang ada pada aplikasi Lightroom, yang bisa kita gunakan untuk mengedit efek lensa. Ada banyak pilihan editing tentang efek lensa dan besar kecilnya lensa yang ingin kalian gunakan. Dari mulai tipe Canon, Nikon, Sony, hingga Efek GoPro.

Seperti apa hasilnya ? Kalian bisa mencobanya dengan mendownload di Google Playstore. Hehhee..

CANVA

Wah.. Kalo aplikasi yang ini, mungkin sudah gak asing lagi buat para Blogger ya ?. Canva memiliki banyak fitur yang bisa kita manfaatkan. Dari mulai editing pencahayaan hingga pembuatan Infografik.

Banyaknya Template yang ditawarkan memudahkan pengguna (user) untuk mendapatkan ide image yang akan digunakan. Tak hanya itu, template dengan varian ukuran foto juga memudahkan, jika ingin membuat image dan infografik untuk Blog dan sosial media kita. Salah satu contoh hasil edit di Canva adalah infografik berikut ini :

how to be member #1minggu1cerita

Satu keuntungan lainnya dari Canva adalah adanya fitur Team yang bisa digunakan beberapa orang sekaligus untuk mengedit gambar dan template yang sama. Kayak yang dilakukan admin baru-baru ini. Hehehe… Supaya foto gambar artikelnya menarik dan unik, kita buat dengan template yang sama, meski gambar berbeda. Hohohoho…

PIXLR

Pixlr adalah photo editor serupa Snapseed dan Lightroom. Ada banyak pilihan editing yang bisa digunakan. Yang menarik dari Pixlr adalah adanya fitur Brush Pixelate. Wah ini sangat membantu untuk para Blogger yang ingin memposting gambar yang membutuhkan sensor pada bagian tertentu. Hihihi..

Misalnya nie, bikin tulisan tentang pengalaman membuat E-KTP. Biar afdol kan biasanya kita menyertakan image yang relevan (sesuai). Akhirnya diputuskan untuk melengkapinya dengan foto gambar E-KTP kita. Nah, tapi kan ada informasi yang gak boleh dishare ke media sosial kan ?. Untuk mengakalinya kita bisa menggunakan fitur Pixelate. Hahaha..

INSTAGRAM

Jaman sekarang, udah pasti banyak yang tahu Instragram ya… ? Bahkan mungkin udah umum banget, dari mulai bayi (adminnya maknya tapi, hihihi.. ) hingga kakek nenek semua menggunakan Instagram.

Pada aplikasi Instagram juga ada pilihan editingnya loh. Dan Mingce juga sering menggunakannya, meski akhirnya di edit ulang di photo editor lainnya. Hahaha..

https://www.instagram.com/p/BK55IB2hHb5/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1rok1zdfz1jqq
Contoh Teknik flatlay
Credit : IG flatlays

Instagram paling asyik saat kita ingin membuat photo berbentus Square sekaligus (tanpa Cropping). Karena lebih mudah menentukan letak objek yang akan difoto. Apalagi kan sekarang marak banget penggunaan foto Flatlay, aplikasi Instagram bisa membantu preview hasil foto flatlay dengan properti pendukung yang kita miliki.

Ngomong-ngomong udah follow Instagram Mingce belum teman-teman hihi.. ? Follow ya ?jangan lupa ! (My Middle Name Is Modus !).

ADOBE SPARK POST

Buat yang ingin membuat Graphic Image selain di Canva, kalian bisa memanfaatkan Adobe Spark. Yang membedakan Canva & Adobe Spark, kalian bisa membuat video animasi untuk mempercantik timeline sosial media kamu, ataupun Blog kamu.

Contoh Hasil Adobe Spark Post (di Slide 2)
(Credit : ewafebri)

Foto di atas adalah contoh penggunaan Adobe Spark. Gak cuma untuk foto biasa, tapi juga bisa dijadikan Animasi pendek (slide 2). Hehhee.. Tapi jika kalian tidak ingin muncul watermark dari Adobe spark, sepertinya harus berlangganan dulu. Hehhee..

VSCO

Kalo Mingce perhatiin VSCO itu paling banyak digunakan oleh Fashion dan Lifestyle Blogger dari luar negeri. Meski di Indonesia juga banyak sebenarnya. Hehhee..

Yang paling unggul dari VSCO adalah adanya preset yang bisa kita gunakan secara berulang. Ini sangat menguntungkan bagi yang ingin mempertahankan tone warna foto pada halaman Blog atau sosial medianya. Dari mulai yang bertema Modern hingga Vintage.

Contoh Hasil Foto VSCO
(Credit : IG VSCO)

Untuk bisa menikmati semua preset memang kita harus membayar, hihi.. tapi jika untuk hasil maksimal, kenapa tidak ? Iya kan ? 😌. Sayangnya Mingce sendiri gak menggunakan VSCO, karena kurang mahir memanfaatkannya. Hahhahaa.. Maaf ya.. ? Mingce hanya ingin memberikan banyak pilihan untuk teman teman aja. Hehee…

Itulah 7 Aplikasi Android Photo editor Untuk Blogger yang bisa Mingce informasikan. Karena aplikasi photo editor biasanya memiliki kapasitas data yang besar, akibatnya akan membutuhkan banyak memori pada Handphone kita. Oleh karena itu, pilihlah Aplikasi yang sesuai dengan minat dan memori Hapemu. Hehehe..

Terima kasih sudah membaca tips Blogging dari Mingce. Jangan lupa, jika artikel ini berguna buat teman-teman, dishare juga boleh. Owh iya.. Menulislah Walau #1Minggu1Cerita. Kalo sudah nulis, jangan lupa setor tulisan. Hihihi.. Mingce tunggu karyanya.

mingce
Love From Mingce
Categories: TIPS BLOGGING

2 Comments

Rafi · March 2, 2019 at 2:58 pm

Saya pakai Snapseed. Fiturnya lumayan lengkap kak. gratis pula. 🙂

    Evva Febri · March 3, 2019 at 9:57 am

    Sayapun.. hihihi… Fungsional banget ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *