Sebagai bloger atau penulis artikel di website mungkin kita masih bingung tema artikel apa yang akan diunggah. Jangan-jangan sudah capek-capek menulis ternyata artikelnya tidak ada yang baca. Atau bisa jadi artikelnya tidak update. Berikut ada tips menarik dari DailySEO ID bahwa kita bisa menerapkan user intent pada artikel-artikel yang dipublish tersebut.

Sebelumnya perlu kita pahami terlebih dahulu apa itu user intent.

Apa itu User Intent

Sejak ada Google atau mesin pencari lainnya, maka user atau pengguna akan mencari kata kunci/ keywords yang sesuai dengan minatnya.

User intent (maksud pencarian) adalah indentifikasi dan kategorisasi apa yang dimaksud atau ingin ditemukan oleh pengguna secara online ketika memasukkan kata kunci atau frasa ke mesin pencari.

Singkatnya, user intent adalah tujuan di balik pencarian pengguna.

Dari sinilah penulis artikel harus pandai-pandai “menerawang” tema dan kategori apa yang akan dicari oleh pengguna (user) tersebut.

Bloger harus memahami bahwa user intent atau search intent ini penting karena:

Meningkatkan SEO

Memahami apa yang dicari pengguna, maka bloger profesional dapat membuat konten yang lebih relevan dan menarik. Kita bisa mencek melalui tools bahwa artikel yang sesuai dengan user intent akan meningkatkan peringkat website di mesin pencari.

Meningkatkan Konversi

Ketika bloger memberikan konten yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, maka user cenderung untuk melakukan konversi. Misalnya membeli produk atau berlangganan menjadi pembaca setia blog kita dll. Tentunya pada artikel harus juga disesuaikan atau ditambahkan “call to action” pada paragraf akhir, agar user melakukan “tindakan”.

Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Ketika pengguna menemukan apa yang mereka cari dengan mudah, mereka akan memiliki pengalaman yang lebih baik dari website atau blog kita.
Tinggal sekarang bloger harus berupaya agar blognya bisa bersaing dengan website kompetitor di mesin pencari.
Seringkali ada ratusan artikel dengan kata kunci yang sama sehingga pengguna pun hanya memilih artikel-artikel yang ada di nomor urut halaman pertama mesin pencari saja.

Tipe-tipe User Intent

tipe-tipe user intent
tipe-tipe user intent, sumber: dailySEO ID

Untuk memudahkan bloger menulis artikel yang tepat sasaran, berikut ada beberapa pilihan user/search intent, yaitu:

Informational

Artikel informasional bertujuan memberikan informasi atau pengetahuan kepada pembaca tentang suatu topik tertentu. Artikel ini biasanya ditulis dengan gaya yang jelas, ringkas, dan mudah dipahami.

Website berita, feature, blog berisi artikel “how-to”, artikel dengan struktur listicle atau review merupakan jenis search intent informasional.

Biasanya artikelnya menyajikan fakta, lebih objektif, terstuktur, dan detail.
Contohnya pengguna mencari informasi tentang suatu topik yang berjudul “Apa itu SEO?”

Commercial

Artikel commercial atau komersial tentu saja merupakan sebuah tulisan yang bertujuan untuk memromosikan suatu produk, layanan, atau merek.

Artikelnya sebisa mungkin ditulis dengan gaya soft selling, artinya sehalus mungkin walaupun bernada persuasif. Intinya untuk menarik minat pembaca dan mendorong mereka untuk melakukan tindakan, serta membeli layanan atau produk yang ditawarkan.

Pada akhir artikel gunakan Call to Action (CTA) yang mendorong pembaca untuk melakukan tindakan. Misalnya dengan menambahkan tombol untuk diklik ke website tertentu atau download informasi tertentu.

Bloger yang blognya dimonetize sering menulis blog post atau review produk yang berisi informasi tentang produk atau layanan berdasarkan pengalaman blogernya.
Misalnya artikel berjudul “Harga iPhone 15 Pro”, maka pengguna tentunya ingin mencari informasi tentang harga iPhone tersebut.

Transactional

Sesuai namanya, artikel transactional atau transaksional, adalah sebuah tulisan yang dibuat sebagai bagian dari proses transaksi. Artikel ini biasanya berisi informasi tentang transaksi yang dilakukan, seperti detail produk atau layanan yang dibeli, harga, dan informasi pembayaran.

Misalnya pada artikel dengan judul “Beli Tiket Pesawat”, maka pengguna mencari artikel ini bertujuan ingin membeli produk atau layanan untuk membeli tiket pesawat.

Pada artikel harus diinformasikan ke user tentang jasa layanan tiket pesawat, membantu untuk membeli tiket pesawat, termasuk semua detail yang dibutuhkan, terutama tentang harga.

Artikel juga membantu mempermudah proses transaksi dengan menyediakan informasi yang dibutuhkan pembeli dan penjual.

Navigational

Artikel navigational atau navigasi, merupakan tulisan yang bertujuan untuk membantu pengguna website menemukan informasi yang mereka cari dengan mudah. Artikel ini biasanya berisi daftar tautan ke halaman lain di website, dan disusun berdasarkan kategori atau topik.

Artikel navigasi bertujuan untuk memudahkan navigasi sebuah website sehingga membantu user menemukan informasi yang mereka cari dengan mudah dan cepat.

Artikel navigasi ternyata juga membantu meningkatkan SEO situs bila menyediakan tautan internal yang relevan. Juga meningkatkan user experience bila menyediakan navigasi yang menarik dan mudah diikuti.

Misalnya artikel dengan judul “Cara Membeli Hosting di Dewaweb Cloud Hosting”, maka artikelnya berisi langkah-langkah mulai memilih paket hosting dari website Dewaweb Cloud Hosting, membeli, hingga melakukan setting secara mandiri di website masing-masing.

Penutup

Sekarang ini bloger sangat dimudahkan dengan adanya berbagai tools untuk menganalisis kata kunci yang sering digunakan pengguna. Tetapi kita juga harus teliti memilah mana kata kunci yang volume pencarian tinggi yang artinya banyak saingan. Atau yang sedang-sedang saja…

Menerapkan user intent pada artikel akan memudahkan bloger membuat konten yang relevan dengan kebutuhan pengguna.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa apakah artikel kita memang dibaca user dengan melakukan optimasi website agar bisa tampil di halaman awal mesin pencari. Atau lakukan langkah-langkah untuk memromosikan website kita. Bisa melalui media sosial, bergabung dengan komunitas, melakukan blogwalking, dan lain-lain.

Semoga bermanfaat.


1 Comment

Konten Berkualitas Melalui Konsep E-E-A-T Pada Website - 1minggu1cerita · February 14, 2024 at 8:45 pm

[…] artikel sebelumnya, artikel yang baik harus menerapkan User Intent. Lalu apa itu E-E-A-T?E-E-A-T adalah akronim dari […]

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *