Setelah sempat libur cukup lama, apakah semangat menulis tetap membara teman-teman ? Hihihi.. Semoga gak kendor ya..? Buat yang butuh motivasi, Mingce mau berbagi tips menulis konten Blog yang menarik nie.

Tips Menulis Konten Blog Yang Menarik

tips menulis konten blog

Namun sebelum itu, Mingce ingin mengucapkan Selamat Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin. Maafkan kesalahan Mingce yang disengaja maupun tidak. Apalagi saat membuat tulisan di Blog ini. Semoga kita semua kembali ke fitrah, dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi ya ?

Sesuai judulnya, Mingce akan berbagi cara membuat konten Blog supaya lebih menarik minat pembaca. Ada beberapa jenis penulisan Blog yang bisa kita gunakan loh. Ini dia di antaranya :

Konten Blog Tutorial

Hayo siapa yang sering browsing di Google buat nyari tutorial ? Hihi.. Yang pasti Mingce sih selalu begitu, hahaha.. Nah, buat teman-teman yang memiliki banyak pengalaman menciptakan sesuatu, tak ada salahnya menyajikan artikel tentang tutorial di Blognya.

Artikel tipe ini juga berpeluang menjadi konten evergreen / pillar loh.. yaitu konten yang mendatangkan traffic pembaca sepanjang tahun. Karena konten semacam ini paling sering dicari di jagat internet.

Konten Interview

Ingin menyajikan postingan dari sudut pandang orang lain di Blog kita ? bisa menggunakan konten berbentuk Interview. Cari narasumbernya yang ingin kita wawancara, kemudian publish hasil tanya jawabnya.

Kalo bingung cari nara sumbernya, bisa juga menggunakan buah hati sebagai narasumber, hahaha…

Penasaran gak sih tentang apa saja sudut pandang si buah hati ? Kalo biasanya ditulis secara story telling, sesekali dibuat interview jadi seru juga kan ?

Konten Blog Roundup

tulisan pilihan minggu 7

Mentok ide dan bingung bagaimana mendapatkan ide kreatif saat menulis ? Hmm.. Bisa banget diakalin dengan membuat konten jenis ini.

Konten Roundup adalah kumpulan artikel yang memiliki topik dan tema serupa. Bisa juga berbeda sih, hihihi.. Contoh nyatanya adalah artikel pilihan yang sering Mingce tulis nie teman-teman.

Atau… Jika teman-teman memiliki banyak artikel serupa di Blognya, dan ingin mengumpulkannya menjadi satu, bisa menggunakan teknik ini. Biar pembaca memiliki banyak opsi tentang informasi yang kita sajikan.

Selain bersumber dari link artikel kita sendiri, roundup juga bisa menggunakan eksternal link loh. Misalnya saja kalian mereview Blog lain, atau merekomendasikan Blog lain yang memiliki niche serupa.

Hehehe… Kira-kira kalian sudah pernah membuat jenis konten seperti ini belum ? Hihihi.. Jangan-jangan malah sering ya ?

Konten Blog Review

Artikel review mungkin yang paling populer saat ini ya ? Apalagi buat teman-teman yang memiliki niche Blog beauty dan travelling. Tapi bukan berarti niche yang lainnya gak bisa, tapi paling umum memang 2 niche tersebut.

Selain tutorial, konten review memang paling sering dicari oleh pembaca. Karena jenis konten seperti ini sangat membantu sekali saat kita ingin memutuskan membeli atau mencoba sesuatu. Yang terpenting saat membuat review, berikan informasi yang jujur terhadap produknya.

Semakin lengkap informasinya, tentu semakin bermanfaat. Misalnya saja tentang dimensi barang, imagenya, kelebihan dan kekurangannya dan tentu saja pengalaman setelah menggunakannya. Sehingga pembaca sangat terbantu oleh tulisan kita.

Konten Blog Story Telling

Storytelling mungkin jenis konten Blog yang paling sering digunakan oleh narablog. Sayangnya jenis konten seperti ini adalah kelemahan Mingce. Membuat postingan storytelling ini susah-susah gampang. Kalo kurang pandai menyajikannya kadang terasa sangat membosankan.

Oleh karena itu, keberadaan image pada postingan yang menggunakan cara ini sangat dinantikan. Supaya pembaca tidak merasa lelah dan bosan hingga akhir. Tak hanya itu, alur cerita juga perlu dipertimbangkan, supaya pembaca tidak terjebak dalam kebingungan.

Nah, itulah 5 jenis konten yang bisa membuat Blog kamu makin menarik. Kalo teman-teman lebih sering membuat konten yang seperti apa ? Kalo Mingce sih menghindari storytelling, karena takut menjebak teman-teman dalam kebingungan. Hihi..

Share konten favorite kamu di kolom komentar yuk ! serta alasan kenapa kamu suka membuat jenis konten tersebut. Atau teman-teman punya jenis konten lainnya selain 5 jenis tersebut ? Boleh banget dibagikan di kolom komentar. Hihihi..

Pada akhirnya, kita memiliki banyak pilihan ide untuk menulis. So, tak ada alasan untuk tidak menulis, apalagi setor tulisan ( Maafkan Mingce, hahaha… Jiwa admin Mingce langsung bergejolak). Ingat, menulislah walau #1Minggu1Cerita. Biar Mingce punya alasan untuk Blogwalking setiap minggunya. Hihihi..


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *