Hari ini Mingce kembali lagi dengan tips blogging baru. Pernah gak sih teman-teman dibuat penasaran, “berapa jumlah ideal gambar yang ada dalam satu postingan kita ?“. Nah kali ini Mingce mau berbagi tips memasang gambar pada blog.

Tips Memasang Gambar Pada Blog

Selain sebagai pemanis, gambar bisa menjadi jeda kita dalam membaca. Umumnya saat membaca postingan Blog, kita melakukan scanning. Membaca melalui perangkat elektronik mempengaruhi kenyamanan mata kita.

Pernah mengalami mata mudah lelah saat kita membaca postingan di Gadget ? Fungsi gambar salah satunya untuk memberi jeda antar paragraf.

  • Menurut Neil Patel (salah satu ahli yang terkenal dibidang SEO), jumlah gambar yang ada dalam satu postingan itu bisa berapa saja. Tergantung kebutuhan kita. Jika tulisannya panjang, maka gambar bisa lebih dari 2. Jika pendek yang gak perlu banyakpun gak masalah.
  • Gambar yang kita pasang, setidaknya menambahkan atau memberikan nilai pada postingan kita. Semacam mendukung artikel yang kita susun.
  • Picture Tells A Thousand Word. Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar istilah ini. Gambar pada Blog pun bisa berfungsi sebagai media bercerita. Mungkin ada hal yang tidak bisa kita deskripsikan dalam tulisan, nah.. Gambar bisa berperan sebagai pelengkapnya. Sebagai contoh foto dikubangan jalanan yang rusak dan sempat viral beberapa bulan lalu.

foto jalan rusak
Foto Model Di Jalan Rusak (aceh.tribunnews.com)
  • Jarak ideal antar gambar menurut Neil minimal 150 kata. Ini bisa kita jadikan patokan supaya gak terlalu dekat antara gambar satu sama yang lainnya.
  • Ganti nama file gambar dengan nama yang sesuai dengan artikel yang sedang kita bahas. Usahakan untuk menghindari penggunakan angka saja sebagai nama file.
  • Tambahkan Alt gambar, dan sesuaikan dengan keyword atau gambar yang kita gunakan.
  • Kurangi ukuran file gambar dengan cara mengkompressnya. Untuk aplikasi kalian bisa menggunakan Qreduce Lite. Jika versi website, kalian bisa menggunakan tinyjpg.com.
  • Selain foto , kalian juga bisa menampilkan infografik. Karena informasi melalui gambar lebih mudah diterima oleh otak kita.

Itulah tips memasang gambar pada Blog. Dengan menambahkan gambar pada Blog, kita berharap tulisan kita jadi menarik dan banyak dibaca oleh orang. Tapi ingat ya ? asas manfaat juga penting banget, hihihi.. Supaya artikel kalian tetap dicari-cari. Hehehe..


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *