Membuat tulisan kita berada di jajaran awal saat dicari pembaca tentu menjadi sebuah prestasi kecil bagi narablog ya ? Nah, Mingce dapet bocoran dari Maknya Bowgel, gimana carapnya supaya tulisan kita bisa berada di bagian awal mesin pencarian. Ini dia 8 tips blogging buat kamu.

8 Tips Blogging Supaya Masuk Jajaran Page One

8 tips blogging

Gak gampang memang berada di jajaran terdepan. Karena kita harus mengalahkan puluhan bahkan ribuan artikel dengan tema dan bahasan serupa.

Tapi sebetulnya, masih ada triknya kok Gaes. Ya paling tidak, kita jadi bisa di urutan yang paling mudah dijangkau oleh calon pembaca. Apa saja tips yang bisa kita gunakan ?

1. INDEXING BLOG

Wajib hukumnya bagi seorang Bloggger yang ingin tulisannya berada di mesin pencarian untuk mendaftarkan Blognya di webmaster.

Dengan begitu, setiap mesin pencari akan melakukan indexing terhadap artikel yang sudah kita buat.

Bayangkan saja, kita berharap tulisan kita bermanfaat untuk orang lain. Dan berusaha memenuhi kriteria SEO, namun kita tidak mendaftarkannya di search engine.

Apa hasilnya ?

Tak ada satupun artikel kita yang akan muncul di mesin pencarian. Jangankan berharap di jajaran page on, lawung muncul aja gak. Bagaimana coba ? Maka dari itu, usahakan untuk mendaftarkan Blog kita ke webmaster.

Bagaimana caranya ?

Kalian bisa mendaftarkan dengan mengklik tautan berikut ini :

Sebenarnya langkahnya cukup mudah kok Gaes, yang penting kalian memiliki akun google ataupun hotmail/live untuk BING webmasternya. Ikuti petunjuknya, dan Blog kalian akan rutin di-index oleh robot.

2. JUDUL YANG SEO FRIENDLY

Tahapan ini sebenarnya sudah masuk dalam Trik SEO. Judul yang seo friendly itu yang kayak gimana sih sebenarnya ?

Kalian pernah dengan sengaja mencari suatu artikel dengan topik tertentu di mesin pencarian gak ? Nah list judul yang muncul di mesin pencarian tersebut adalah keyword yang nantinya kita sisipkan untuk judul tulisan kita.

Munculnya keyword tersebut karena banyaknya user yang mencari informasi dengan tema serupa. Nah mesin pencarian mengelompokkan pertanyaan tersebut dan membuat sebuah keyword sebagai labelnya.

Nantinya keyword ini yang akan kita manfaatkan untuk membuat judul tulisan, meta deskripsi bahkan permalinknya.

Selain judul yang mengandung kata keyword, membuat title seo friendly juga bisa dengan menyusun kalimat yang clickable. Dengan begini, pembaca jadi pingin ngeklik kan ? hehehe..

3. META DESKRIPSI SEO FRIENDLY

Judul udah, selanjutnya adalah meta deskripsi. Meta deskripsi ini adalah penjelasan singkat tentang artikel yang kita tulis. Biasanya meta deskripsi ini akan menjadi snippet di saat kita mencari informasi di SERP.

Oleh karena itu, sayang banget kalo dilewatkan nie Gaes. Pada bagian meta deskripsi ini, kalian bisa menambahkan keyword maupun judul artikel. Sehingga calon pembaca mengetahui secara singkat tentang tema artikel yang sedang kita bahas.

Cara menambahkan meta deskripsi juga gampang kok. Jika kalian menggunakan Blogspot, meta deskripsi terletak pada bagian sidebar sebelah kanan. Deretan bawah. Namun sebelum itu, pastikan pada settingan Blognya, meta deskripsi diaktifkan terlebih dahulu ya ? Karena jika tidak, maka kolom pengisian tidak muncul.

Trik lainnya adalah dengan memanfaatkan paragraf pertama artikel kamu sebagai meta deskripsinya. Karena sistem biasanya juga akan secara langsung mengambil kalimat tersebut sebagai snippet di SERP.

4. PERMALINK SEO FRIENDLY

Kalo Mingce boleh jujur nie, banyak banget teman kita yang kurang memaksimalkan permalinknya. Sayang banget kan ? apalagi kadang urlnya terpotong gitu.

Padahal permalink itu bisa sangat membantu tulisan kita berada di page one loh. Apalagi kalo kita memasukkan target keyword di dalamnya. Mingce jamin, peluangnya bisa lebih besar.

Cara membuat permalink sih mudah sebenarnya. Kalo kalian menggunakan Blogspot, disediakan pilihan untuk membuat custome permalinknya. letaknya ada di bagian sidebar sebelah kiri. Di bawah menu label.

Ganti alamat permalink dengan memanfaatkan kata kunci dan tema yang berhubungan dengan artikel yang kita bahas. Pisahkan setiap kata dengan simbol dash (-).

Buat teman-teman yang menggunakan WordPress, bisa dengan cara mengganti url slugnya. Letaknya juga ada di sidebar sebelah kiri, pada menu document.

Gampang kan caranya ?

5. KONTEN LENGKAP, INFORMATIF DAN PANJANG

Semenjak Google ganti algoritma yang kekinian, artikel yang lebih lengkap dan informatif, sekarang lebih diprioritaskan.

Artikel panjang bukan berarti tulisannya dipanjang-panjanginya ? tapi informasi yang diberikan itu disarankan lebih dalam dan lengkap.

Misalnya saja, ketika Mingce membahas tentang tips blogging, di dalam satu artikelnya terdapat informasi yang lebih luas. Tentang jenis-jenisnya, manfaatnya ataupun cara membuatnya.

Dengan begitu, diharapkan pembaca bisa mendapatkan informasi yang lebih detail.

6. IMAGE YANG SESUAI DAN ISI ALT IMAGE

Siapa bilang gambar cuma untuk pemanis saja, ternyata image juga bisa berperan menjadi kunci menuju pageone loh. Misalnya nie ya ? Judul artikel kita kurang menyasar pada kueri keyword yang kita tentukan, eh tapi Alt gambar kita justru menyasar kata kunci yang dimaksud.

Secara otomatis, gambar kita akan muncul lebih dulu di bagian tab image di SERP. Secara peluang, pasti lebih besar diklik pembaca kan ? heheheh..

Jadi, jangan lupa untuk mengisinya ya Gaes.

7. MANFAATKAN LIST

Selah diamati, ternyata penggunaan list untuk beberapa sub tema dalam artikel bisa sangat bermanfaat untuk menuju area page one loh. Apalagi jika di dalam judul artikel kalian juga menyertakan jumlahnya. Misalnya saja :

Gunakan list dengan menambahkan angka atau memanfaatkan bullet list ya Gaes. Kalo beruntung dan lengkap, artikel kita bakalan menuju puncak. Hehehe..

8. BERI JAWABAN ATAS PERTANYAAN NETIZEN

Apakah orang-orang yang surfing di SERP juga disebut Netizen ? hihihi..

Biasanya kita kalo berselancar di SERP karena sedang mencari informasi terhadap topik sesuatu kan ya ? Banyak juga didapati bahwa informasi yang kita inginkan kadang tidak tersedia.

Hal ini bisa kita manfaatkan untuk membuat ide tulisan Gaes. Misalnya saja tentang Pengkinian Data Nasabah BCA yang pernah ditulis Mak Bowgel akhir tahun lalu.

Ceritanya Mak Bowgel saat itu sedang mencari informasi seputar cara mengupdate informasi perbankan, karena tak banyak informasi yang menyediakannya, dia berinisiatif menuliskan pengalamannya tersebut untuk orang lain yang mengalami hal yang sama.

Karena dianggap informatif, akhirnya tulisan itu menjadi konten evergreen untuk Blognya. Hehhehe.. Lumayan kan bisa bertengger sedikit lebih lama ?

So.. Gimana nie ? semoga tips blogging kali ini juga bisa bermanfaat ya ? Siapa tahu setelah ini artikel kalian banyak yang berseliweran di mesin pencari. Hehehe..

Ngomong-ngomong, minggu ini kalian sudah menulis cerita tentang apa ? Biar makin afdol, boleh banget tipsnya sekalian diterapkan ke artikelnya loh. Siapa tahu bisa masuk pageone, yekan ? hehehe..

setor tulisan 1 minggu 1 cerita
Jangan Lupa Ya ?

Menulislah Walau 1 Minggu 1 Cerita

Mingce

1 Comment

Prima · January 16, 2020 at 5:46 pm

Kolom meta description & kustomisasi bukannya di sebelah kanan ya

Btw, saya langsung daftar ke search console…ternyata eh ternyata selama ini belum terdaftar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *