Memiliki Blog itu ternyata gak cuma tentang menulis artikel terus menerus. Tapi juga ada hal lain yang harus diperhatikan. Apalagi kalo kita berniat untuk mendapatkan pendapatan dari Blog kita. Hari ini Mingce akan berbagi tentang 10 hal yang harus diketahui oleh Blogger pemula saat ingin mengembangkan Blognya.

10 Hal Yang Harus Diketahui Blogger Pemula

Apa saja sih yang harus kita perhatikan saat memiliki Blog untuk pertama kali ? Nah, Mingce akan berbagi pengalaman bagaimana cara kita mengembangkan Blog supaya disukai oleh pembaca. Apa aja sih yang perlu diperhatikan ?

1. Memiliki Halaman About Me

Tahu gak sih, ternyata About Me itu penting banget loh Gaes. Apalagi kalo kalian berencana untuk monetasi Blog. Bayangkan jika ada seorang calon klien yang tertarik dengan Blog kita. Kemudia ia ingin mengajak bekerja sama. Namun masalahnya tak ada informasi dan kontak yang mudah dihubungi, apa gak hilang kesempatan jadinya. Yekan ?

Oleh karena itu, penting banget nie membuat halaman About Page. Tak perlu yang panjang lebar, cukup dengan memberikan informasi tentang :

  • Apa sih yang sering dibahas di Blog kita (beauty, travelling atau buku)
  • Nama yang jelas (meski nickname atau samaran). Yang pasti usahakan menyertakan nama yang mudah diingat. Hindari menggunakan nama seperti , ” aku yang selalu ada dihatimu “. Calon kliennya bingung nanti.
  • Sertakan informasi kontak yang mudah untuk dihubungi. Entah berupa email ataupun nomor telepon.
  • Foto (akan lebih baik kalo foto diri sendiri), supaya menumbuhkan kepercayaan calon klien kepada kita. Kayak profile para admin ini loh Gaes. Hihi..

Apakah About Page kamu sudah memiliki 4 unsur di atas ? Kalo seandainya belum, dan ingin serius mengelola Blognya, pertimbangkan untuk menggunakan ke 4 unsur di atas ya ? Kurangi bikin bingung calon klien. 🤭

2. Memiliki Navigasi Yang Mudah

Buat teman-teman yang memiliki banyak bahasan dalam Blognya, Mingce sarankan untuk membuat menu navigasi.

Menu navigasi ini membantu pengunjung untuk mempermudah mendapatkan informasi di Blog kamu.

Misalnya saja nie pengunjung mengetahui Blog kamu dari link yang disebar di sosial media. Nah, biasanya mereka kan hanya membaca link artikel itu saja. Padahal sebenarnya banyak bahasan menarik lainnya.

Di sinilah peran menu navigasi ini. Bisa membuka kesempatan bagi pengunjung untuk membaca artikel kita lainnya. Jadi mengurangi Bounce Rate kan ?

3. Memiliki Disclaimer dan Privacy Policy

Dulu Mingce juga bingung, ” apa sih perlunya disclaimer dan privacy policy ? “. Tapi ternyata disclaimer ini juga memiliki peranan loh Gaes. Apalagi yang ingin mendaftarkan Blognya unruk menjadi Publisher Adsense.

Hayo siapa yang sering ditolak oleh Adsense ? Coba dilihat dulu, apakah sudah memiliki Disclaimer dan Privacy Policy ? Jika belum, mendingan cepet bikin, siapa tahu langsung diapprove sama Adsense. hehehe..

4. Memiliki Fokus Dan Kesabaran

Kalo ngeliat pendapatan Blogger itu, kita langsung memiliki mimpi yang sangat tinggi ya ? Hihihi.. Apalagi kalo liat feed mereka foto-foto di luar negeri.

Apa iya semua itu di dapat dari Ngeblogging aja ? Ya bisa jadi iya ataupun tidak. 🤭 Apapun itu Blogging saat ini sudah bisa dikategorikan sebagai profesi loh. Karena kalo ditekuni, bisa menghasilkan banyak pundi.

Namun yang perlu diingat adalah kita tak langsung bisa mendapatkan penghasilan dengan hanya membuat tulisan saja.

Ada proses yang harus kita lewati. Meski bukan tidak mungkin juga kita bisa langsung mendapatkannya.

Fokus dan Sabar adalah salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan di dunia Blogging. Kita harus fokus untuk melewati beberapa tahapan. Seperti misalnya mendapatkan traffik Blog yang mumpuni, artikel yang berkualitas dan juga kepercayaan para calon klien pada Blog kita.

Nah semua itu harus di pikirkan secara matang, supaya perkembangan Blog kita bisa maju lebih cepat.

5. Memiliki Konsistensi

Mau Blognya banyak dikenal dan dibaca. Konsisten adalah jawabannya. Tak masalah #1Minggu1Cerita, yang penting semangat kita menulis tetap menyala.

Bayangkan jika ada pengunjung yang mampir ke Blog kita lagi dan yang dilihat adalah postingan yang itu-itu saja. Wah bakalan males mampir lagi, yekan ?

So, itulah alasannya kenapa #1Minggu1Cerita ada. Hihihi.. Sebagai salah satu komunitas yang mengiringi teman-teman yang ingin belajar konsisten. Makanya setiap minggu kita mengharuskan para anggota untuk menyetorkan tulisannya melalui aplikasi maupun website. Hehehe..

Yang belum pernah menjadi member, bisa kok ikutan gabung bareng Mingce dan teman-teman lainnya. Caranya dengan mengisi data registrasi. Yang pernah terkick out juga masih boleh gabung lagi loh. Caranya juga sama, dengan mengisi registrasi.

6. Memasang Google Analytic Dan Webmaster

Ingin tahu artikel apa sih yang paling disukai pembaca di Blog kita ? Atau berapa jumlah pengunjung setiap harinya yang mampir ke Blog kita ? Caranya dengan memasang Google Analytic pada Blog kita.

Google Analytic ini berfungsi untuk memberikan informasi tentang bagaimana performa Blog kita di mata pengunjung dan Google search. Termasuk juga supaya artikel kita lebih cepat terindex oleh mesin pencari Google.

7. Artikel Yang Informatif

Zaman sekarang, hampir semua lapisan masyarakat memanfaatkan internet untuk mencari informasi. Jika kamu ingin Blognya sering dikunjungi, jangan lupa untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca.

Misalnya artikel yang kalian buat sebenarnya adalah curcol, namun bukan berarti tak bermanfaat kan ? Tambahkan informasi yang memiliki nilai penting di dalamnya. Sehingga pembaca yang memiliki permaslahan yang sama bisa belajar dari pengalaman kamu.

8. Memiliki Meta Deskripsi

Pernah kah kalian iseng browsing nama Blog kalian di mesin pencari ? Apa hasil yang kalian dapatkan di bawah nama link url Blog kamu ? Jika tak ada penjelasan apapun, itu artinya kalian belum memanfaatkan meta deskripsi dengan maksimal.

Padahal meta deskripsi ini bisa berfungsi sebagai teaser / cuplikan yang membuat calon pembaca tertarik mengunjungi Blog kita. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memaksimalkannya.

9. Peduli SEO

SEO memang bukan segalanya, tapi tidak memperdulikan keberadaanya juga tidak menguntungkan.

So, cobalah menerapkan SEO yang gampang dulu. Tak harus yang rempong kok. Misalnya saja membuat nama permalink yang baik, mempelajari keyword, ataupun cara penulisan artikel yang tepat.

Sekecil apapun usaha kita, pasti akan ada hasilnya

Mingce

10. Manfaatkan Jenis Konten Blog Yang Menarik

Cara menarik perhatian pengunjung salah satunya adalah dengan memanfaatkan jenis konten Blog. Supaya Blog kita lebih variatif dan gak membosankan.

Kita bisa membuat artikel dengan jenis konten yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan kita. Dengan begitu pembaca merasa disuguhkan dengan tulisan yang fresh.

Itulah 10 hal yang harus kamu ketahui sebagai Blogger pemula. Supaya ke depannya Blog kalian bisa makin berkembang pesat dan bisa menghasilkan pundi-pundi juga, Hihihi..

Owh iya, ngomong-ngomong kalo boleh Mingce tanya, tema blogging apa yang ingin dibahas selanjutnya ? Tinggalkan ide kalian di kolom komentar ya ? Siapa tahu Mingce bisa membantu membuatkannya. Hehheh.. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Teman-teman Mingce di #1M1C jangan lupa setor tulisan Minggu ini ya ? Hihihi… ! (modus Mingce !)

Menulislah Walau 1 Minggu 1 Cerita


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *